5 Iconic potret tokoh dunia

19 Feb

Ada beberapa tokoh dunia yang sempat mengabadikan dirinya bukan hanya melalui karya-karyanya, tetapi juga potretnya yang legendaris:

Revolusioner marxist Che Guevara, siapa yang tak kenal dia? Ini adalah potretnya saat dia berusia 31 tahun,  diambil di Cuba oleh fotografer Alberto Korda, setelah pidato Fidel Castro paska peristiwa La Coubre di tahun 1960. Potret ini adalah meta-symbol dari revolusi dan global spirit.

Blond, curvaceous and beautiful, Marilyn Monroe mencatatkan dirinya sebagai American female sex symbol.  Rasanya engga ada perempuan lain yang bisa menandingi status iconicnya, yang dalam potretnya memamerkan kekuatannya sebagai perempuan cantik nan seksi. Potret ini diambil oleh Matty Zimmerman di tahun 1954, untuk film yang dibintanginya, The Seven Year Itch. ratusan fotografer menjepret pose ini, membikin suaminya Joe DiMaggio cemburu pada media. Monroe dan suaminya pun akhirnya bercerai beberapa minggu sesudahnya, namun film yang dibintangi Monroe melejitkan namanya.

Einstein lagi menjulurkan lidahnya. Owh … Ini menjadi potretnya yang paling terkenal, diambil oleh fotografer Arthur Sasse. Potret ini mencerminkan kecerdasan seorang profesor yang kala itu berusia 72 yang memilih untuk beraksi lucu ketimbang berwibawa. Potret asli ini terjual senilai $74,324 di tahun 2009.

Muhammad Ali membantai Sonny Liston di ronde pertama di tahun 1965; yang kemudian terkenal menjadi “phantom punch,” sejarah dalam dunia tinju yang paling kontroversial yang pernah ada. Ali berdiri di sebelah Liston sembari berteriak, “Get up and fight, sucker!” Potret ini diambil oleh fotografer olah raga legendaris Neil Leifer; menggambarkan gairah dan emosi Ali di saat itu, meninggalkan gambar iconic seorang petinju dunia yang menepuk dada untuk berkata,  “I’m the greatest”

Marlon Brando, 1954; potret yang mencerminkan gejolak muda ekstrim di jaman itu. Potret ini digunakan untuk The Wild One, landmark sejarah sinema dimana Brando membintanginya sebagai pemimpin gang Johnny Strabler. Brando menunggangi kendaraan Triumph Thunderbird dalam potret ini, dengan jaket kulit dan gaya yang macho. The biker counter-culture was born!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: