9 Pertanyaan untuk mengaudit keterlibatan di social media

16 Jan

Saat ini, rasanya saya pengen bilang kalau kita kebanjiran layanan social media. Lihat saja di ikon ‘share’ di setiap akhir tulisan. Disana ada begitu banyak layanan social media yang bisa kita intip, kita bikin akun, dan mainkan sesuai dengan jenis layanannya. Sebut saja, gdgt, flickr, dopplr, diigo, mixx, mento, mahalo, likaholix dan masih buanyak lagi.

Selebihnya, ada begitu banyak orang yang juga berbicara soal social media; dan menggunakan layanan-layanan social media, termasuk korporasi.

Salah? Jelas engga. Ada begitu banyak hal yang bisa kita manfaatkan dari social media. Tapi, untuk mengukur sejauh mana efektivitas keterlibatan kita di social media, ada baiknya membikin personal audit dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

1. Apakah sudah melengkapi profil? Pastikan untuk memberikan profil yang paling akhir alias terkini. Isi bio kalian dengan apa yang kalian lakukan; bila perlu  bubuhi alamat URL kalian.

2. Punya eksklusif profil? Catat, jika kalian tengah mengembangkan situs yang diisi rame-rame dengan kolega kalian, jangan membubuhkan foto kalian disana; tetapi logo dari situs kalian. Jangan samakan pula nama akun twitter personal dengan akun twitter untuk situs tersebut.

3. Punya custom profil landing page? Landing page yang customize akan membikin ‘berbeda’, eksklusif dan sangat personal. Customize akun social media di twitter, youtube, facebook dengan background khusus.

4. Sudah mengintegrasikan social media satu dengan lainnya? Kalau kalian membubuhkan ‘notes’ di facebook, bagikan dengan followers di twitter. tweet it!

5. Sudah membagikan social profile secara offline? Ada beberapa add-ons maupun signature yang bisa secara langsung membagikan alamat-alamat profil kalian di social media.

6. Kalian membagi apa sih di social media? Di twitter, misalnya; saya banyak follow orang-orang yang dekat dengan web.2.0; sementara kolega saya ada yang follow musisi, dan kolega lainnya follow lembaga-lembaga pemerintah dan media massa. Tweet mereka bisa kita retweet yang (kemungkinan) berguna untuk follower kita, Apa yang ingin kalian bagi untuk followers kalian?

7. Berapa kali update social media dalam sehari? Jangan sampai kalian membikin akun, dan membiarkannya pasif begitu saja.

8.Sudah mengukur aktivitas social media kalian? Ada begitu banyak tools yang bisa digunakan. Contohnya, Mention, Sprout Social, PostRank, Google Analytics.

9. Tipe social media seperti apa yang memberikan sumbangan terbanyak untuk kalian? Dari pengukuran itu semua, mana yang paling banyak mempengaruhi traffic social media kalian? Sebuah media ada yang mendapatkan banyak klik dari link yang dibubuhkan di twitter dan juga facebook.
Selamat mengaudit!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: