5 Situs diary online

19 Dec

Seorang kolega saya kebingungan saat memulai ngeblog. Bukan hanya soal konten saja, tetapi juga manfaat ngeblog. “Apa bedanya ngeblog, catatan harian dan jurnal?” tanyanya.

Ribet ah.

Soal konten, itu mah terserah jari-jari yang menari diatas keyboard. Kalau yang muncul di monitor adalah cerita 17tahun, yay, memang begitu niatnya. Kalau yang muncul di monitor adalah resep masakan, yay memang begitu niatnya.

Blog bisa dijadikan catatan harian. Pasang password, dibikin sebagai ‘private’ sejak di dapur blogging, hingga tidak bisa terjaring dalam search Google.

Catatan harian atau diary, memang engga layak dibaca orang lain. So, ini sangat pribadi dan rahasia. *istilahnyeee*

Jurnal, ya jurnal. Dibikin dalam format laporan, agak serius. Tapi engga juga yah. Kadang ada yang menyebut catatan harian juga sebagai jurnal.

Eits, tapi jangan ngamuk-ngamuk ga karuan begitu dong. Ada sejumlah situs untuk menggudangkan catatan harian maupun jurnal dalam bentuk menyerupai private blog. Engga ribet kok. Sumpah:

OhLife

Saban hari, OhLife akan mengirim email dengan satu pertanyaan: How’d your day go? Kita bisa me-reply nya melalui email; dan otomatis akan tersimpan di OhLife. 🙂

Memiary

Lurus; kagak ada ceritanya di Memiary. Semua direkam dalam bentuk 5 kalimat dalam list. Tapi bagi yang suka kepaktisan, disini tempatnya!

Tweetprivate

Kadang, kita menjumpai ‘share’ button untuk twitter. Tapi di Tweetprivate justru button-nya ‘Don’t Share It’. OMG. Tweetprivate login dengan akun twitter. Layak coba!

Penzu

Ada begitu banyak informasi mengenai Penzu di halaman depan situs ini. Well, nyatanya loginnya cukup simpel kok; engga ribet banget. Situs ini bahkan juga ada apps-nya untuk mobile. Begitu sign up, desain halaman lantas mirip segepok catatan harian usang. Sayangnya untuk mencatatkan multiple journal, harus jadi Penzu Pro User. Duh …

You’re going to love this. Store your memories!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: